TUTORIAL
MEMBUAT
MAIL MERGE DI MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007/2010/2013
klik di sini untuk mendownload file tutorial ini (lengkap dengan gambar)
Persiapan Form dan Database
1.
Silahkan buat form data yang akan digunakan pada
sheet 1
Contoh :

Jangan upa untuk langsung men-set print
area

2.
Kemudian pada sheet ke2 kita rename menjadi
(“dBase”), isi database yang akan dimasukan pada form yang kita buat di sheet1
Contoh :

Pada kolom A kita harus menggunakan angka
berurutan dari 1 s.d 10 (sesuai kebutuhan data) sebagai referensi record (isian data)
3.
Berikutnya, kita membutuhkan command tambahan
yaitu Design Mode dan Insert Control. Kita dapat menambahkan command tersebut
melalui quick access toolbar seperti pada gambar.




4.
Kemudian tambahkan spinButton seperti pada
gambar


Kita simpan spinbutton diluar print area
agar pada saat dicetak, spinbutton tidak ikut tercetak


Disimpan di kolom L karena cell K1 akan
dijadikan sebagai acuan perpindahan data oleh spinbutton itu sendiri.
Perubahannya akan dipengaruhi juga oleh perintah LOOKUP. (tahap ini bisa
diganti sesuai kebutuhan masing-masing)
5.
Kemudian doubleclick pada spinbutton1 yang sudah
dibuat, kemudian akan muncul tampilan Visual Basic. Yang perlu diganti pada
properties yaitu LinkedCell diisi “K1”, min diisi “1” dan max diisi “10”. (1
dan 10 disini merupakan urutan jumlah record database kita). Jika sudah, tutup
jendela Visual Basic.

6.
Kemudian kita akan mengambil data dari database
yang dibuat pada sheet “dBase” menggunakan perintah VLOOKUP karena table data
nya kita set Vertikal walaupun secara kasat mata kita membuatnya secara
horizontal.
Pada gambar berikut ini kita tuliskan
rumus =VLOOKUP($K$1,dBase!$A$2:$M$11,2,FALSE)
dengan penjelasan sebagai berikut :
a.
=VLOOKUP
: sudah jelas
b. $K$1 : sel yang akan dijadikan acuan pergantian
spinbutton yang akan disesuaikan dengan urutan pada database
c.
dBase!$A$2:$M$11 : table
database yang akan diambil datanya untuk mengisi form yang sudah dibuat pada
sheet1
d. 2 : angka “2” karena isian untuk Nama Peserta
Didik ada di kolom ke 2 pada database yang kita buat, maka untuk mengisi
Program Studi Keahlian, kita isi angka “3” karena pada database, isiannya
berada pada kolom yang ke3, dst.



7.
Selesai, selanjutnya pastikan DesignView pada
QuickAccess Toolbar dengan cara mengklik 1 kali (on/off)

8.
Untuk melihat uruta berikutnya, kita tinggal
mengklik spinButton1 yang sudah kita buat. Untuk mencetak, kita bisa
melakukannya seperti biasa kita mencetak pada printer


Semoga bermanfaat, suka? Silahkan follow
blog ini,,,
No comments:
Post a Comment